Monday, September 24, 2012

PUBLIC and PR


Publik merupakan himpunan atau kumpulan orang-orang dan lembaga atau organisasi yang berkepentingan serta berada di sekitar badan atau perusahaan dimana organisasi itu berada (Suhandang, 2004: 32).

John Dewey, dalam Effendy (1992), mendefinisikan publik sebagai sekelompok orang yang bersama-sama dipengaruhi olehsuatu kegiatan atau gagasan khusus. Cutlip dan Center menyebut bahwa publik merupakan sebuah kata benda kolektif bagi suatu kelompok- sekelompok orang yang sams-sama terikat oleh suatu kepentingan yang sama dan menunjukkna perasaan yang sama (dalam Soemirat, 2004: 105).

Publik dalam PR biasanya dikategorikan menjadi publik internal dan publik eksternal. 
Publik internal adalah publik yang berada di dalam lingkungan organisasi, seperti karyawan, manajer, dan pemegang saham. 
Sedangkan pubik eksternal adalah publik yang berada di luar lingkungan organisasi, seperti lembaga pemerintah, pelanggan, pemasok, bank, media/ pers, dan komunitas. Namun baik publik yang berada di dalam maupun di luar organisasi, sama-sama mempengaruhi ataupun dipengaruhi oleh kegiatan organisasi (Iriantara, 2004: 8). 
Publik dapat dibedakan menjadi 7 golongan berdasarkan kepentingannya masing-masin (Soemirat, 2004: 16). 
Publik tersebut adalah:
-     Masyarakat sekitarnya : tipe masyarakat di dalamnya aka n bergantung dari macam usaha yang  ada. Hal yang perlu diingat adalah bermula dengan lingkungan terdekat yang digarap dengan baik sebagai langkah awal yang positif. PR Begins on the doorstep.
-       Karyawan perusahaan: disini akan terlihat banyak ragamnya ditinjau dari kedudukan, masalah-masalah status ekonomi, usia, dan karakteristik demografis lainnya.
-       Pers, radio, televisi: pers dapat dibagi dalam pers nasional, regional, lokal, dagang, dan profesional.
-       Konsumen dan pemasok: di sektor tertentu pemasok dan pelanggan tergantung satu sama lain.
-       Investor: kelompok pemegang sahampun sangat berbeda. Kadangkala sebuah perusahaan besar membagi investor menjadi beberapa kelompok dan mengembangkan cara berkomunikasi dengan setiap kelompok. Hubungan baik dengan investor dapat menghasilkan imbalan yang menguntungkan dalam bentuk modal pinjaman untuk membiayai proyek-proyek besar. Meningkatnya perhatian pemegang saham dapat mendukung reputasi perusahaan dan meningkatkan kepercayaan. masyarakat.
-       Distributor adalah suatu publik yang pekerjaannya menangani barang-barang konsumen dalam partai besar dan hadir diantara pembuat barang dan para pembelinya.
-       Pemuka pendapat (opinion leader): siapa saja yang dapat mengajukan pendapatnya yang dapat membantu usaha itu sendiri berkembang atau justru merusaknya.

Dalam prakteknya, seorang PR yang baik harus mampu membina hubungan yang baik terhadap masung-masing publiknya. Untuk itu diperlukan adanya strategi dan pendekatan kepada publik sesuai dengan kepentingan nya masing2. 


sumber: http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/16248/3/Chapter%20II.pdf

No comments:

Post a Comment